Ombudsman Republik Indonesia, Muhammad Najih, melakukan kunjungan kerja ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bangkalan pada Kamis (19/6/2025). Foto Pemkab Bangkalan

Ombudsman RI Dorong MPP Bangkalan Tingkatkan Layanan Digital

Ombudsman RI Dorong MPP Bangkalan Tingkatkan Layanan Digital dan Manual

Di era digital saat ini, layanan seharusnya dapat diakses secara daring oleh masyarakat.

Ketua Ombudsman Republik Indonesia Muhammad Najih, melakukan kunjungan kerja ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bangkalan pada Kamis (19/6). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau sekaligus memberikan masukan demi meningkatkan kualitas layanan publik.

Dalam kunjungannya, Najih menjelaskan, kedatangan ini merupakan bagian dari silaturahmi dan upaya melihat langsung perkembangan MPP di Bangkalan. Sebelumnya, Ombudsman telah melakukan pemantauan melalui perwakilan di Jawa Timur, namun kini mereka ingin melihat dinamika secara langsung.

"Kami ingin memberikan masukan-masukan terkait upaya penyempurnaan dan perbaikan, agar pelayanan kepada masyarakat semakin lebih optimal," ujarnya.

Salah satu fokus utama Ketua Ombudsman adalah pentingnya penyempurnaan sistem layanan, baik secara digital maupun manual. Menurutnya, di era digital saat ini, layanan seharusnya dapat diakses secara daring oleh masyarakat.

Namun demikian, ia juga menekankan pentingnya menyediakan buku panduan atau manual fisik untuk masyarakat yang belum terbiasa dengan layanan digital.

“Masih ada yang belum sempurna, dan ini perlu dilengkapi. Karena tidak semua masyarakat bisa akses secara online, ada yang tetap ingin tahu bentuk fisiknya seperti apa,” tambah Najih.

Terkait kunjungan ini, Najih juga menyebut bahwa Kabupaten Bangkalan masih memiliki peringkat penilaian pelayanan publik yang relatif rendah dibanding kabupaten lain, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Selain agenda kunjungan ke MPP, Ketua Ombudsman RI juga menghadiri kegiatan kerja sama dengan Universitas Trunojoyo Madura. 

Ia menyempatkan waktu untuk meninjau langsung pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang menjadi bagian dari MPP Bangkalan.

Mendampingi kunjungan tersebut, Wakil Bupati Bangkalan, Fauzan Ja'far, menyampaikan apresiasi dan komitmennya untuk menindaklanjuti berbagai masukan yang diberikan oleh Ombudsman RI.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan dari Ketua Ombudsman RI. Tentunya, masukan-masukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan publik akan kami tindak lanjuti agar ke depan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” ungkap Fauzan.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi Bangkalan untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.

Sumber: Pemkab Bangkalan

Komentar