5000 Pasangan Ikuti Resepsi Pernikahan Massal

5000 Pasangan Ikuti Resepsi Pernikahan Massal Bupati Jember, Faida saat menggandeng salah satu peserta resepsi nikah massal/Foto: Pemkab Jember.

Jember-Pemerintah Kabupaten Jember menggelar resepsi bagi ribuan pasangan pengantin yang telah menjalani itsbat (penetapan) nikah.

Pesta yang dikemas dalam Jember Mantu 5.000 Pengantin ini dihelat di New Sari Utama Kaliwates, Rabu 26 Desember 2018.

Para pengantin yang tidak lagi muda ini didandani dengan make up dan busana pengantin. Bahkan disediakan pelaminan yang bisa dibuat untuk berfoto sebagai kenang-kenangan.

Bupati Jember, Faida menjelaskan, sebelum menggelar resepsi pemerintah menggelar itsbat nikah. Ini dilakukan karena banyak masyarakat yang telah menikah namun tidak memiliki dokumen perkawinan.

Itsbat nikah sebelumnya dilaksanakan setiap hari Jumat, dan pelaksanaannya berada di kantor kecamatan, dengan tiga kecamatan digabung menjadi satu pelaksanaan itsbat nikah. Targetnya mencapai 5.000 pasangan.

“Dengan tidak punya buku nikah, maka ada hak anak, hak istri, hak suami yang tidak terpenuhi. Contohnya akte kelahiran anak hanya tercatat anak ibu, tidak ada ayahnya,” terang bupati.

“Oleh karenanya difasilitasi APBD 2018 Kabupaten Jember untuk 5000 pasang pengantin,” imbuhnya.

Pada resepsi tersebut dibagikan akte kutipan penetapan sidang itsbat nikah, yang selanjutnya akan diberikan buku nikah kepada masing-masing pasangan.

Para pasangan pengantin ini mendapatkan fasilitas lainnya seperti antar-jemput. Sementara pasangan lansia mendapatkan asuransi kesehatan, serta pendataan kondisi keluarga untuk mendapatkan program pemerintah lainnya.

Bupati memberikan apresiasi kepada perangkat desa dan kelurahan maupun kecamatan dan aparat lainnya yang telah berhasil mendaftarkan sebanyak 5.000 pasangan.