1000 Lebih Warga Ngawi Pilih Jadi TKI, Ini Penyebabnya

1000 Lebih Warga Ngawi Pilih Jadi TKI, Ini Penyebabnya Gapura selamat datang Kota Ngawi, Jawa Timur/Foto: Ist.

Ngawi - Tercatat sebanyak 1.275 warga Kabupaten Ngawi, Jawa Timur memilih bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri selama tahun 2018.

"Jumlah tersebut naik tipis dibanding tahun 2017 yang berjumlah 1.226 orang. Kenaikan itu karena biasanya lowongan untuk ke luar negeri sedang banyak," ujar Kabid Tenaga Kerja Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPPTK) Ngawi, Wiwin Sumarti di Ngawi, Jumat (26/01).

Menurut dia, penyebab banyaknya warga Ngawi yang menjadi TKI dipengaruhi minimnya lapangan pekerjaan di dalam negeri, termasuk di Kabupaten Ngawi.

Dijelaskan dia, banyak juga lulusan SMA yang tidak ingin melanjutkan kuliah dan memilih langsung kerja. Ketika tidak ada lowongan kerja lokal yang gajinya besar, akhirnya TKI yang jadi pilihan.

"Selain itu, bisa juga karena melihat tetangga atau temannya yang sudah berhasil menjadi TKI, akhirnya tertarik ikut kerja keluar negeri," terangnya.

Adapun negara penempatan yang dituju di antaranya, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan negara Timur Tengah lainnya.