Seorang Pasien di RSUD Tulungagung Terindikasi Infeksi Virus Corona

Dokter Spesialis Paru RSUD dr Iskak mengatakan pasien bersangkutan masih akan terus diawasi sambil menunggu hasil pemeriksaan uji sampel.
Minggu, 09 Feb 2020 12:37 WIB Author - Yansen Milala

TRENGGALEK-Seorang pasien di RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, terindikasi terkena virus 2019-nCov (Corona). Pasien tersebut memiliki riwayat kunjungan ke negara Korea Selatan (salah satu negara yang positif terpapar virus corona).

Kendati belum ada kepastian sakit yang diderita pasien rujukan salah satu rumah sakit swasta di Kediri itu, pihak RSUD dr Iskak tetap memberlakukan prosedur penanganan kedaruratan medis seperti menangani pasien kasus corona yang kini menjadi perhatian dunia kesehatan internasional tersebut.

Dalam dunia medis itu kita harus memprediksi kita harus (melakukan tindakan) berlebihan daripada kita kecolongan. SOP-nya memang begitu, sampai kemudian terbukti tidak/bukan (corona), kata Direktur RSUD dr Iskak, Eko di Tulungagung, Selasa (09/02).

Eko menambahkan, semua pasien yang di curigai terinfeksi virus corona akan kita perlakukan sebagai pasien yg terkena virus memastikan sampai terbukti tidak secara klinis.

Semua pasien yang dicurigai tersebut, kata Eko, akan diobservasi sesuai standar klinis secara mendalam di ruangan isolasi khusus yg sudah dimiliki oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung sebagai Rumah Sakit rujukan.

Baca juga :