Ricuh Demo Soal Beasiswa, Mahasiswa Unej Bakar Ban

Suasana memanas yang disertai dengan aksi dorong antara mahasiswa dengan satpam.
Kamis, 22 Nov 2018 22:54 WIB Author - Fathor Rasi

Jember-Carut marut beasiswa Bidikmisi dan atribut mahasiswa baru yang belum diterima selama beberapa bulan terakhir berujung pada unjuk rasa Aliansi Mahasiswa Aliansi Mahasiswa Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Kamis (22/11).

Aksi tersebut sempat ricuh dan memanas yang disertai dengan aksi dorong antara mahasiswa dengan satpam, kemudian mahasiswa membakar ban bekas karena kesal tidak ditemui oleh pejabat Unej.

Ratusan mahasiswa baru yang didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Unej berkeliling ke sejumlah fakultas untuk mengajak mahasiswa baru lainnya bergabung unjuk rasa yang dipusatkan di Kantor Rektorat Unej.

Ada 1.416 calon mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang lolos masuk Unej, namun hanya 764 mahasiswa yang dinyatakan lolos dan ratusan mahasiswa yang tidak lolos harus membayar hingga Rp1 juta, kata koordinator aksi Syauqi Ramadhan di Kampus Unej.

Selain persoalan Bidik Misi, lanjut dia, ribuan mahasiswa baru tidak menerima sejumlah fasilitas yang sudah dibayar pada saat daftar ulang seperti jas almamater, topi, dasi, kaos pengenalan kampus dan lainnya.

Baca juga :