Kapal Selam Alugoro Karya Anak Bangsa Resmi Diluncurkan

Spesifikasi umum Kapal Selam Alugoro adalah berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class).
Kamis, 11 Apr 2019 11:48 WIB Author - Fathor Rasi

Surabaya-Kapal selam pertama buatan bangsa Indonesia yang diberi nama KRI Alugoro-405diluncurkan di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia, Kawasan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (11/04).

Hadir dalam peluncuran tersebut, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Kapal selam itu merupakan pesanan ketiga TNI Angkatan Laut, dan hasil kerja sama antara perusahaan BUMN PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan, kataKepala Dispenal Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/04).

Kapal selam pertama yang bernama KRI Nagapasa-403 dirakit dan dibuat di Korea Selatan dan telah diresmikan pada 2 Agustus 2017 serta telah memperkuat armada RI, sedangkan kapal selam kedua bernama KRI Ardadedali 404 juga telah diresmikan di Galangan Daewoo, Korea.

Terkait nama, kata dia, Alugoro diambil dari cerita pewayangan, yang merupakan salah satu senjata berbentuk Gada dimiliki Prabu Baladewa yang merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur.

Baca juga :