Jejak Pesantren dan Lahirnya Penulis Andal Madura

Ditemukan sebanyak 80 eksemplar naskah kuno berusia lebih dari 400 tahun di lingkungan Pondok Pesantren.
Kamis, 18 Okt 2018 09:50 WIB Author - Fathor Rasi

Madura - Penggerak Sastra asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Syaf Anton Wr mengatakan masyarakat di Pulau Madura dalam sejarahnya memang telah banyak melahirkan penulis andal di tanah air sejak ratusan tahun silam.

Salah satu buktinya adalah ditemukan sebanyak 80 eksemplar naskah kuno berusia lebih dari 400 tahun di lingkungan Pondok Pesantren Sumber Anyar, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura.

Teks atau buku-buku dari penulis lainnya dari masa ratusan tahun silam memang tidak banyak ditemukan. Namun dalam sejarahnya pengembangan literasi masih tetap terjaga sampai sekarang yang menjadi tradisi di pesantren-pesantren, ujarnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (17/10) malam.

Anton berada di Surabaya untuk mendampingi sekitar 25 penyair yang pentas di kegiatan bulanan Bengkel Sastra, yang digagas oleh seniman dari Komunitas Bengkel Muda Surabaya.

Dia mengenang sepanjang tahun 1982 hingga 1994 pernah bergeliat keliling ke pesantren-pesantren untuk menggerakkan sastra di kalangan santri.

Baca juga :