Covid-19 Justru Buka Peluang Meningkatnya Ekspor Jatim ke Jepang dan Singapura

Akibat COVID-19, ekonomi Jatim masih cukup gesit, meski ke Tiongkok menurun tapi ke negara lain meningkat.
Selasa, 10 Mar 2020 18:56 WIB Author - Yansen Milala

SURABAYA-Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Harmanta mengatakan wabah virus corona atau (Covid-19) yang melanda berbagai Negara justru membuka peluang peningkatan ekspor Jawa Timur ke Singapura dan Jepang, meski ekspor ke Tiongkok mengalami penurunan.

Akibat COVID-19, ekonomi Jatim masih cukup gesit, kami mencatat meski ke Tiongkok menurun tapi ke negara lain meningkat antara lain ke Jepang dan Singapura, sehingga masih terjaga dengan baik perdagangan luar negerinya, ujarnya di Surabaya, Selasa (10/03).

Harmanta ketika ditemui usai acara Seminar Ekonomi di Graha Kadin Jatim mengatakan kenaikan ekspor ke Jepang sekitar 15 persen, dan Singapura sekitar 200 persen untuk Desember 2019 ke Januari 2020 atau month to month (m to m).

Jadi mudah-mudahan ini bisa mengkompensasi penurunan impor Jatim ke Tiongkok pada Januari 2020 sebesar 16 persen, kata Harmanta.

Secara umum, kata dia, ekonomi Jatim masih sangat stabil terkait isu virus corona, bahkan pertumbuhan ekonominya masih optimistis sesuai prediksi, yakni sekitar 5,3 persen sampai 5.8 persen.

Baca juga :