Rupiah Anjlok Akibat Covid-19, Pengamat Sarankan 4 Aspek Penopang Ekonomi RI

Di antaranya dengan memaksimalkan stimulus fiskal yang telah dikeluarkan.
Kamis, 19 Mar 2020 19:03 WIB Author - Yansen Milala

JAKARTA-Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Pingkan Audrine Kosijungan mengatakan ada empat hal yang harus terus dilakukan oleh pemerintah dalam upaya menjaga perekonomian Indonesia di tengah wabah Virus Corona jenis baru atau COVID-19.

Pingkan menyatakan Indonesia harus mewaspadai ancaman resesi karena terdapat gangguan rantai suplai global, melemahnya ekspor dan impor, serta menurunnya aktivitas bisnis yang disebabkan oleh penyebaran COVID-19.

Melihat berbagai dinamika dalam perekonomian global target pertumbuhan ekonomi pemerintah yang sebesar 5,3 persen untuk tahun ini rasanya akan sulit tercapai, katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/03).

Pingkan menyebutkan empat aspek yang perlu menjadi catatan bagi pemerintah dalam berupaya mencapai pertumbuhan ekonomi, di antaranya dengan memaksimalkan stimulus fiskal yang telah dikeluarkan.

Ia meyakini melalui stimulus fiskal jilid I, II, dan III yang akan dikeluarkan mengenai kesehatan, perlindungan sosial, dan upaya menjaga kinerja pelaku usaha akan mampu mencegah dampak negatif dari perlambatan ekonomi global.

Baca juga :