Petugas Kesehatan Ditarik dari Perbatasan Nduga

Pihak Dinas Kesehatan Mimika berkoordinasi dengan bagian Community Health Development (CHD) PT Freeport Indonesia.
Kamis, 06 Des 2018 07:40 WIB Author - Fathor Rasi

Timika - Sejumlah petugas kesehatan ditarik dari Puskesmas Hoeya dan Puskesmas Tsinga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Nduga.

Pihak Dinas Kesehatan Mimika berkoordinasi dengan bagian Community Health Development (CHD) PT Freeport Indonesia guna membantu menyediakan helikopter untuk menjemput para petugas kesehatan di dua wilayah tersebut.

Sekretaris Dinkes Mimika Reynold Ubra mengatakan, penarikan sementara para petugas kesehatan itu ke Timika mengingat situasi keamanan di Kabupaten Nduga akhir-akhir ini sering terjadi gangguan keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kami sudah menghubungi Kepala Tata Usaha Puskesmas Tsinga, mereka melaporkan bahwa situasi keamanan di Tsinga dan Hoeya kini tidak terlalu kondusif. Makanya kami memutuskan untuk sementara waktu petugas kesehatan kita tarik ke Timika, jelas Reynold di Timika, Kamis (06/12).

Reynold menjelaskan, saat ini di Puskesmas Tsinga terdapat empat petugas kesehatan pemerintah ditambah delapan orang petugas kesehatan yang ditempatkan Pelkesi (Pelkesi bekerja sama dengan Biro Kesehatan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro/LPMAK).

Baca juga :