Masyarakat diminta jangan terprovokasi hoaks soal kematian ustaz Maaher

Ustad Maaher diperlakukan baik dan mendapatkan hak-haknya selama di tahanan.
Rabu, 10 Feb 2021 21:42 WIB Author - Fathor Rasi

Masyarakat diminta jangan terprovokasi dan berhenti menyebarkan hoaks terkait kematian ustad Maaher At-Thuwailibi atau Soni Eranata. Sebab, polisi dinilai bekerja profesional. Ustad Maheer diperlakukan baik dan mendapatkan hak-haknya selama di tahanan.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menilai Polri memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan Maheer. Bahkan, polisi sempat membawa Maheer berobat ke Rumah Sakit Polri Kramatjati. Namun, takdir Tuhan berkehendak lain.

Ini kematian, kita tidak pernah tahu kapan, ini adalah jalan Tuhan. Saya kira Polri sudah berusaha keras untuk melakukan pendekatan-pendekatan kepada Maheer dan juga keluarga agar dilakukan pengobatan kepada yang bersangkutan, kata Edi kepada wartawan, Rabu (10/2/2021).

Menurut Edi, penyidik Bareskrim Polri sudah memberikan hak-hak Maheer sebagai tersangka ataupun tahanan, seperti didampingi penasihat hukum dan bisa dibesuk keluarga. Terkait penangguhan penahanan, Edi menilai penyidik memiliki kewenangan untuk mempertimbangkan apakah menyetujui atau tidak.

Ada beberapa pertimbangan dalam memberikan penangguhan penahanan kepada tersangka atau tahanan, yakni tidak mempersulit penyidikan, tidak menghilangkan barang bukti, kemudian tidak mengulangi perbuatannya, kata Edi.

Baca juga :