Insentif Guru Ngaji ala Ganjar-Mahfud Perlu Direalisasikan

Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji akan lebih memperhatikan gaji guru ngaji jika terpilih dalam Pilpres 2024.
Kamis, 28 Des 2023 22:06 WIB Author - Tim copywriter

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden(cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji akan lebih memperhatikan gaji guru ngaji jika terpilih dalam Pilpres 2024. Dalam kampanye pertamanya di Aceh, Mahfud menyebut akan merealisasikan insentif tersebut melalui program unggulan guru ngaji, tenaga pendidikan keagamaan, dan marbot.

Untuk Aceh ini kami ada program guru ngaji, karena kami tahu di Aceh ini ada puluhan bahkan ratusan ribu guru-guru ngaji yang mengabdi kepada bangsa dan negara, kepada rakyat untuk mendidik masyarakat, ujar Mahfud, 28 September 2023 lalu.

Program insentif bagi guru ngaji di seluruh Indonesia merupakan satu dari 21 program unggulan Ganjar-Mahfud. Dengan program tersebut, seluruh guru ngaji akan menerima insentif sebesar Rp1 juta setiap bulannya. Sejauh ini, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud telah mengumpulkan sebanyak 928.000 guru ngaji di seluruh Indonesia.

Sosiolog dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tantan Hermansah mengatakan saat ini guru ngaji tak diapresiasi dengan layak. Padahal, turut berkontribusi mendidik masyarakat.

Tunjangan bagi guru ngaji bisa dilihat dari dua hal. Pertama, dari perspektif kepantasan, program ini tentu sangat baik dan patut disambut dengan rasa syukur. Kita tahu guru ngaji itu adalah sosok yang selama ini mengontribusikan diri untuk kebaikan masyarakat, namun tidak pernah diberikan penghargaan, kata Tantan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/12).

Baca juga :