Risma: Sebagian Besar OTG di Surabaya Berpotensi Positif Covid-19

Jika dibandingkan dengan ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pemeriksaan), OTG memang jauh lebih tinggi.
Kamis, 16 Apr 2020 14:26 WIB Author - Yansen Milala

SURABAYA-Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan sebagian besar warga Kota Pahlawan, Jawa Timur, yang statusnya orang tanpa gejala (OTG) berpotensi positif COVID-19.

Jika dibandingkan dengan ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pemeriksaan), OTG memang jauh lebih tinggi, karena kalau yang ODP dan PDP itu sudah dalam pengawasan dan perawatan, kata Wali Kota Risma di Dapur Umum, Balai Kota Surabaya, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan data Pemerintah Kota Surabaya, sebagian besar warga Kota Pahlawan yang berstatus OTG mengalami lompatan lebih tinggi menjadi positif COVID-19.

Sebab, OTG ini seolah-olah badannya sehat dan tidak mengalami gejala COVID-19 apapun. Kondisi itulah yang sebenarnya dapat menularkan orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Untuk itu, sesuai anjuran dokter, dia meminta agar warga selalu menjaga stamina tubuh dengan mengkonsumsi air hangat. Sesuai saran dokter bahwa kita selalu harus minum air hangat dan kita jaga tubuh agar selalu fit staminanya, ujarnya.

Baca juga :