Polisi Kediri Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Dan Kejahatan Daring

Modus operandinya tersangka menawarkan dagangan yang sangat dibutuhkan pada saat pandemi, misalnya masker dan cairan pembersih tangan
Rabu, 06 Mei 2020 16:24 WIB Author - Yansen Milala

KEDIRI-Kapolres Kota Kediri AKBP Miko Indrayana mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kejahatan melalui dalam jaringan (daring) dan tidak segan melapor ke petugas.

Sebetulnya tren kejahatan di Kota Kediri menurun. Hanya ada kejahatan baru yaitu penipuan daring yang dilaporkan warga, kata AKBP Miko, di Kediri, Jawa Timur, Selasa (06/05).

Ia mengungkapkan, modus operandinya tersangka menawarkan dagangan yang sangat dibutuhkan pada saat pandemi, misalnya masker dan cairan pembersih tangan.

Barang yang sempat langka tersebut ditawarkan melalui jejaring sosial WhatsApp grup maupun jejaring sosial lainnya. Kemudian korban mentransfer sejumlah uang, namun barang tidak pernah dikirim.

Terkait dengan kejahatan jalanan bahwa masyarakat resah dengan adanya program asimilasi pada saat pandemi yang membebaskan 162 orang narapidana di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri. Keresahan tersebut berdasarkan kekhawatiran bahwa mantan napi tersebut akan berulah lagi.

Baca juga :