Petani Kediri Berhasil Kembangkan Bengkuang Jumbo

Suyarno, petani bengkuang asal Desa Tugurejo, engemukakan buah bengkuang tersebut diberi nama Luk Songo Super.
Senin, 27 Jan 2020 20:29 WIB Author - Yansen Milala

KEDIRI-Sejumlah petani di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berhasil mengembangkan buah bengkuang berukuran jumbo dengan berat sekitar 5 kilogram per buah, yang diperoleh dari hasil eksperimen petani selama dua tahun.

Suyarno, petani bengkuang asal Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, mengemukakan buah bengkuang tersebut diberi nama Luk Songo Super (LSS).

Ini hasil eksperimen dua tahun lalu dan baru dikembangkan setahun ini. Jadi, kini mulai dikembangkan petani di Kabupaten Kediri, kata Suyarno di Kediri, Senin (27/01).

Ia mengaku selama ini petani kesulitan mendapatkan bibit bengkuang dengan kualitas baik, padahal, dirinya sudah cukup lama menjadi petani bengkuang, yakni sekitar 10 tahun. Selama ini, bibit bengkuang diperoleh dari pemborong, namun produksinya kurang optimal.

Karena sulit menemukan bibit dengan kualitas bagus di pasaran, ia berinisiatif menangkar dan mengembangkan bibit yang ada. Caranya, dengan mencari bibit yang umbinya paling besar.

Dari tanaman dengan umbi yang paling besar, dirinya mencoba menanamnya. Supaya umbi juga tumbuh dengan lebih baik, ia juga merawat dengan rutin memangkas daun yang terlalu lebat dengan harapan umbi bisa tumbuh dengan lebih baik.

Baca juga :