Monyet Sitaan di Jatim Siap Dilepasliarkan

Monyet-monyet itu sudah menjalani tahapan rehabilitasi sebelum pelepasliaran.
Sabtu, 09 Feb 2019 07:53 WIB Author - Fathor Rasi

Jember-Sebanyak 25 monyet bakal dilepas liarkan ke Cagar Alam Pulau Nusa Barong di kawasan Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada 20 Februari mendatang.

Sebelum dilepas liarkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), monyet-monyet ekor panjang dan monyet yang sebelumnya digunakan untuk pertunjukan topeng monyet itu ditempatkan di kawasan City Forest and Farm Arum Sabil di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jumat (09/02).

Monyet itu berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, baik dari hasil sitaan, hasil penyerahan, maupun penertiban topeng monyet, kata Kepala BKSDA Wilayah III Jember Setyo Utomo di Jember, Jumat (08/02).

Ia menjelaskan, monyet-monyet itu sudah menjalani tahapan rehabilitasi sebelum pelepasliaran dan dalam dua pekan terakhir dititipkan di City Forest and Farm Arum Sabil Jember.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki peliharaan monyet agar diserahkan kepada pihak yang berwenang atau BKSDA karena hewan tersebut dapat membahayakan warga yang memilikinya dan masyarakat sekitar, pungkasnya.

Baca juga :