KA Dharmawangsa Senen-Turi Resmi Diluncurkan, Segini Tarifnya

KA Dharmawangsa Jakarta-Surabaya Resmi Diluncurkan, Segini Tarifnya.
Senin, 02 Des 2019 13:16 WIB Author - Fathor Rasi

JAKARTA-Kereta Api Dharmawangsa (KA 136) relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (PP) resmi diluncurkan seiring diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 mulai 1 Desember 2019.

Peresmian KA Dharmawangsa dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro di Stasiun Pasar Senen, Senin (02/12).

Filosofi dinamakan KA Dharmawangsa karena Dharmawangsa sendiri adalah nama seorang raja Kerajaan Medang, yaitu mertua sekaligus paman dari Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan. Kerajaan Medang yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan kerjaaan besar yang menurunkan raja-raja besar di Pulau Jawa. Maka, diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini. KAI ke depannya semakin besar, jaya dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, ujar Sukmoro.

Jadwal keberangkatan KA Dharmawangsa dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 08.25 WIB, dan akan berhenti di beberapa stasiun, seperti Pegadenbaru-Cirebon Prujakan-Brebes-Tegal-Pekalongan-Waleri-Semarang Tawang-Randublatung-Bojonegoro-Babat-Lamongan dan akan tiba di stasiun akhir Surabaya Pasar Turi pukul 19.30 WIB.

Dengan demikian, setiap perjalanan KA akan memakan waktu tempuh selama 11 jam 5 menit (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi) dengan menggunakan tiga kereta eksekutif dengan kapasitas 150 kursi dan enam kereta ekonomi dengan kapasitas 636 kursi.

Baca juga :