Imbas Tunggakan BPJS Kesehatan Madiun Rp35 M

Rumah sakit setempat harus mencari dana talangan hingga efisiensi anggaran.
Selasa, 22 Okt 2019 09:14 WIB Author - Fathor Rasi

MADIUN-Tunggakan BPJS Kesehatan kantor cabang Madiun, Jawa Timur, terhadap sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Madiun mencapai Rp35 miliar, berdasarkan klaim sejak bulan Mei hingga September 2019.

Imbasnya, rumah sakit setempat harus mencari dana talangan hingga efisiensi anggaran semaksimal mungkin sehingga layanan rumah sakit tetap dapat dilakukan dengan baik.

Pasien yang datang berobat ke rumah sakit kita semakin banyak. Tetapi untuk klaim dari BPJS Kesehatan telat berbulan-bulan. Padahal rumah sakit harus terus jalan, ujar Wali Kota Madiun Maidi di forum kemitraan dengan BPJS Kesehatan di Madiun, Senin (21/10).

Tunggakan tersebut, sambung Maidi, tentu berpengaruh terhadap keberlangsungan rumah sakit. Sebab pembayaran klaim tersebut seharusnya bisa digunakan untuk belanja obat dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, sesuai data, tunggakan klaim terbesar ada di RSUD dr Soedono yang mencapai Rp55 miliar. Pun dengan rumah sakit swasta seperti RSI dengan tunggakan sebesar RP20 miliar.

Baca juga :