Harapan DPRD Jatim Soal Pengelolaan Limbah B3

Selama ini limbah B3 Jatim dibawa ke Cileungsi Bogor sehingga memerlukan biaya dan beresiko tinggi.
Senin, 25 Feb 2019 11:12 WIB Author - Fathor Rasi

Surabaya-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) menekankan perlunya pembangunan pusat pengelolaan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) di Jatim karena membahayakan lingkungan hidup.

Selama ini limbah B3 Jatim dibawa ke Cileungsi Bogor sehingga memerlukan biaya dan beresiko tinggi karena diangkut melalui darat, ungkap anggota DPRD Jatim, Hammy Wahjunianto di Surabaya, Senin (25/2).

Untuk itu pihaknya berharap pada Gubernur Khofifah- Wagub Emil agar tetap memprioritaskan pabrik pengelolahan limbah B3 milik BUMD yang saat ini sudah dibangun di Mojokerto.

Diakui Hammy, selain pusat pengeloaan limbah B3 di Dawar Blandong Mojokerto yang masih dalam tahap pembangunan, sudah ada beberapa perusahaan swasta yang bergerak untuk pengelolaan limbah B3, seperti PT PRIA di Mojokerto tapi masih dipersoalkan masyarakat setempat.

Kalau memang PT PPLI mau membangun cabang di Lamongan, kami harap juga harus memenuhi prosedur yang berlaku agar tidak menimbulkan persoalan dengan masyarakat. Hingga saat ini kami baru mendengar dan belum pernah dilapori BLH apakah Fisibilty Study-nya sudah memenuhi aturan atau belum, beber Hammy politisi asal Fraksi PKS ini.

Baca juga :