Empat Warga Jember yang Dipasung Dibebaskan Pemkab

Keempat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dipasung tersebut berasal dari empat kecamatan berbeda.
Kamis, 12 Mar 2020 16:00 WIB Author - Yansen Milala

JEMBER-Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan membebaskan empat warga yang dipasung oleh keluarganya selama beberapa tahun karena mengalami gangguan jiwa.

Keempat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dipasung tersebut berasal dari empat kecamatan berbeda yakni di Kecamatan Jombang, Puger, Tempurejo, dan Bangsalsari, sehingga semuanya sudah dibebaskan dari pemasungan, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember Gatot Triyono di Jember, Jatim, Kamis (12/03).

Empat warga yang mengalami pemasungan yakni AB warga Desa Wringin Agung di Kecamatan Jombang, kemudian AF warga Desa Wonoasri di Kecamatan Tempurejo, AG warga Desa Mlokorejo di Kecamatan Puger, dan IS warga Desa Karagsono di Kecamatan Bangsalsari.

Dari empat pasien yang dipasung, dua warga di antaranya dipasung dengan cara dirantai di bagian kaki oleh pihak keluarganya, sehingga petugas membebaskan orang dengan gangguan jiwa tersebut, tuturnya.

Satu dari empat orang dengan gangguan jiwa itu ada yang menjalani pemasungan hingga delapan tahun yakni IS, bahkan sempat dipasung selama dua tahun di luar rumah dan enam tahun dipasung di dalam kamar yang berukuran 2,5 x 3,5 meter.

Baca juga :