Bupati Lumajang Imbau Pasukan Siaga Bencana Tingkatkan Kewaspadan

Pasukan diminta tingkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam, yang kemungkinan terjadi sewaktu-waktu di Lumajang.
Sabtu, 11 Jan 2020 10:00 WIB Author - Rina Suci

LUMAJANG - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, meminta pasukan siaga bencana untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana alam, yang kemungkinan terjadi sewaktu-waktu di daerah setempat.

Lumajang memiliki gunung, laut, dan dialiri sungai besar yang merupakan lintas kabupaten, sehingga memungkinkan terjadi bencana alam, kata Bupati Lumajang yang biasa dipanggil Cak Thoriq, saat memimpin apel gelar pasukan siaga bencana hidrometeorologi di alun-alun Kabupaten Lumajang, Jumat (10/1).

Untuk kesiapan pasukan siaga bencana, dalam mengatasi cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang, Cak Thoriq juga meminta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, untuk lebih aktif lagi memberikan kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana pada semua pasukannya. Sebab, bencana bisa saja datang sewaktu-waktu.

Dengan kondisi cuaca saat ini memungkinkan terjadinya bencana, sehingga perlu kesiapsiagaan dalam menangani terjadinya bencana di Lumajang, kata Cak Thoriq.

Ia menjelaskan, pihaknya bersama Polres Lumajang dan Kodim 0821 terus memantau potensi bencana di Kabupaten Lumajang. Sehingga, diharapkan semua pasukan yang mengikuti apel pasukan siaga bencana itu, terus meningkatkan kesiapsiagaannya dalam mengatasi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga :