Air Sungai Biang Kerok Hepatitis A di Pacitan?

Sungai Kalingoro sumber air baku warga di 10 desa yang terdampak kekeringan.
Rabu, 10 Jul 2019 09:02 WIB Author - Fathor Rasi

PACITAN-Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr Eko Budiono menduga kuat virus Hepatitis A berasal dari air resapan kolam di Sungai Kalingoro yang selama ini dikonsumsi warga di sekitar wilayah Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur.

Sebenarnya, sambung dia, tidak serta merta menyatakan virus Hepatitis A positif ada pada air Sungai Kalingoro yang selama ini diambil warga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, MCK dan keperluan industri rumah tangga lainnya itu.

Co-infeksi-nya sih begitu. Jadi kalau airnya itu mengandung bakteri E-coli, maka kemungkinan didekati Hepatitis virus A itu memang ada, jelas dr Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Dr Eko Budiono dalam wawancara melalui saluran telepon, Selasa (09/07).

Pernyataan disampaikan dr Eko setelah sebelumnya mendapat laporan hasil uji laboratorium atas sampel air resapan Sungai Kalingoro di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro yang selama ini menjadi sumber air baku warga di 10 desa setempat yang mengalami dampak kekeringan.

Hasil pemeriksaan sebelum dilakukan klorinasi, kata dr Eko, indeks bakteriologisnya E-coli yang didapat mencapai 2.400/100 mililiter.

Baca juga :