'Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia' Diikuti 8 Daerah

'Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia' (WACI), dalam rangkaian kegiatan Jember Fashion Carnival diikuti oleh delapan daerah.
Sabtu, 03 Agst 2019 17:24 WIB Author - Rina Suci

JEMBER - Sebanyak delapan daerah yang mengusung kebudayaan masing-masing mengikuti Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI), dalam rangkaian kegiatan Jember Fashion Carnival (JFC) International Event 2019 yang digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (3/8) sore.

Ada delapan kontingen peserta yang meramaikan Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia tahun ini. Hal itu merupakan etalase budaya kreatif Indonesia yang ditampilkan masing-masing daerah melalui karnaval, kata Sekretaris Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) David Susilo.

Peserta WACI tersebut berasal dari Kabupaten Jember, DKI Jakarta, Solo Batik Carnival, Kabupaten Jepara, Yogyakarta, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lombok Tengah dengan mengenakan busana karnaval yang dipadukan ciri khas daerah masing-masing.

Mereka berjalan di catwalk sepanjang 1,6 kilometer, yang diawali di Jalan Sudarman halaman Kantor Pemkab Jember hingga Lippo Plaza Jember.

Menurutnya, karnaval yang dimotori oleh Akari tersebut, diharapkan dapat menampilkan beragam kebudayaan dan kesenian masing-masing daerah. Keragaman tersebut diselaraskan dengan kostum karnaval hasil kreativitas para peserta WACI.

Baca juga :