PUSAD Universitas Muhammadiyah Rilis Survei Capres

Survei itu dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 20 Maret 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 1.067 responden.
Jumat, 29 Mar 2019 08:30 WIB Author - Fathor Rasi

Surabaya-Elektabilitas pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Maruf Amin lebih unggul dari pada Prabowo-Sandi di Jawa Timur. Demikian hasil survei Pusat Studi Anti-Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah.

Hasilnya demikian bahwa di Jatim Jokowi-Maruf lebih unggul daripada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, kata Direktur Eksekutif PUSAD UM Surabaya, Satria Unggul WP, di sela diskusi dan rilis survei politik Jawa Timur 2019 di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kamis (28/03).

Ia memerinci pasangan Jokowi-Maruf unggul dengan 56,8 persen suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno sebanyak 38,3 persen suara. Sementara itu, yang belum memilih 4,9 persen dengan penentuan sikap politik masyarakat Jatim sebesar 95,1 persen.

Dari hasil survei di lapangan, kata dia, alasan pilihan elektoral lebih ditekankan pada pasangan calon sesuai dengan program yang ditawarkan: sosok yang merakyat dan berpengalaman.

Di tempat sama, PUSAD juga merilis elektabilitas partai politik untuk Pemilu 2019, yakni tiga besar masing-masing PDI Perjuangan dengan raihan 25,6 persen, PKB 22,7 persen, dan Partai Gerindra 18,9 persen.

Baca juga :