Pengamat: Mega Cs Ingatkan Bahaya Otoritarianisme Jokowi

Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnoputri menyoroti putusan MKMK yang mencopot Ketua MK Anwar Usman karena terbukti melanggar etik.
Selasa, 14 Nov 2023 17:52 WIB Author - Tim copywriter

Tak seperti biasanya, Ketua Umum PDI-Perjuangan (PDI-P) Megawati Sukarnoputri mendadak muncul di akun Youtube PDI-P, Ahad (12/11). Dalam pidato singkatnya, Mega menyinggung situasi politik terkini terkait Pilpres 2024.

Secara khusus, ia menyoroti putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang mencopot Ketua MK Anwar Usman karena terbukti melanggar etik. Putusan MKMK telah memberikan cahaya di tengah kegelapan situasi demokrasi Indonesia, kata Megawati.

Anwar dianggap melanggar etik karena terlibat dalam merancang putusan nomor 90/PUU-XXI/2023, Oktober lalu. Putusan itu merevisi syarat usia bagi calon capres-cawapres yang tertuang dalam UU Pemilu. Putusan itu memberikan jalan bagi Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Megawati juga mengingatkan agar publik berperan aktif dalam menjaga pemilu 2024 dari segala bentuk kecurangan. Ia menyebut gejala kecurangan sudah mulai terlihat. Rakyat jangan diintimidasi seperti dulu lagi, kata Presiden RI ke-5 itu.

Seolah senada, putusan MK juga jadi tema yang disinggung bacapres Ganjar Pranowo dalam video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi @ganjar_pranowo, Minggu (12/11). Ganjar meminta publik tak hanya diam menyikapi putusan yang bermasalah itu.

Baca juga :