KLB Hepatitis A di Pacitan, Penderita Sebanyak 877 Orang

Sabtu (29/6) penderita hepatitis A di Pacitan menembus angka 877 orang. Apa kata pakar kesehatan?
Sabtu, 29 Jun 2019 12:05 WIB Author - Rina Suci

PACITAN - Pacitan sedang dilanda wabah hepatitis A yang akhirnya ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pacitan.

Wabah ini sudah terindikasi sejak pertengahanJuni 2019 dan telah mendapatkan perhatian dari pemkab setempat. Namun jumlah penderita justru bertambah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Eko Budiono menyebutkan, total penderita yang dilaporkan ke Dinkes Pacitan hingga 27 Juni pukul 07.00 WIB mencapai sebanyak 824 orang.

Tapi hari ini, Sabtu (29/6) penderita semakin bertambah, seperti diberitakan oleh Sindonews Jatim, penderita hepatitis A di Pacitan pada Sabtu (29/6) mencapai 877 orang.

Sebanyak 57 orang sedang mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit dan puskesmas, tapi sayangnya kapasitas rawat inap tak memadai jumlahnya, sehingga banyak juga yang harus ditempatkan di lorong-lorong rumah sakit.

Sebelumnya, Bupati Pacitan Indartato telah mengadakan peninjauan ke beberapa rumah sakit dan menjenguk beberapa pasien. Karena wabah ini meluas, artinya meluas di suatu daerah, ini sudah barangtentu harus kami tangani, sehingga tangani salah satu di antaranya adalah kami segera menetapkan KLB, kata Bupati Pacitan Indartato, Rabu (26/6) seperti dikutip dari 20Detik.

Baca juga :