Ekspor Perdana Produk Perikanan Nasional Tahun 2020 Capai 13,3 Miliar

Pelepasan ekspor perdana ini menandai penambahan agregasi ekspor perdana produk perikanan nasional
Senin, 13 Jan 2020 18:51 WIB Author - Yansen Milala

JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas ekspor perdana tahun 2020 dengan melakukan pengiriman serentak dari tiga lokasi yaitu di Banyuwangi (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), dan Cirebon (Jawa Barat), untuk produk perikanan senilai Rp13,3 miliar.

Kali ini kita ekspor perdana produk olahan sidat dengan negara tujuan Jepang, fillet/loin ke Amerika Serikat, dan olahan tilapia ke Filipina, serta pakan udang ke Timor-Leste, kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Agus Suherman dalam siaran pers KKP yang diterima di Jakarta, Senin (13/01).

Agus mengungkapkan pelepasan ekspor perdana ini menandai penambahan agregasi ekspor perdana produk perikanan nasional yang pada Januari 2020 sampai 9 Januari 2020 telah mencapai Rp1,4 triliun.

Ekspor produk perikanan ini, kata Agus, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Menteri Kelautan dan Perikanan agar KKP terus meningkatkan ekspor produk perikanan.

Dengan demikian, lanjutnya, hal itu dapat menambah devisa nasional, meningkatkan penyerapan tenaga kerja dalam negeri, serta memberikan efek pada kesejahteraan karyawan serta masyarakat luas, yang memasok segala hal yang terkait dengan ekspor, antara lain kebutuhan pasokan barang dan jasa pendukung, freight fowarding dan jasa logistik lainnya.

Baca juga :