CHED ITB-AD Jakarta dan jejaring pengendalian tembakau dukung RPP Kesehatan

Rata-rata perokok mengonsumsi 12 batang rokok per hari dan pengeluaran rata-rata untuk merokok mencapai 56.000 IDR per minggu.
Jumat, 13 Okt 2023 18:56 WIB Author - Hermansah

CHED ITB-AD Jakarta dan jejaring pengendalian tembakau memberikan dukungan kuatterhadap Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kesehatan yang sedang disusun oleh KementerianKesehatan. Khususnyadalam konteks pembangunan ekonomijangka panjang.

Dukungan terhadap RPP Kesehatan terutama pasal tentang zat aditif sangat penting. Selamaini kepentingan kesehatan, seolah terpisahkan dengan kepentingan ekonomi dalam kerangka pembangunan. Sedangkan rancangan pembangunan jangka panjang yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia secara jelas memberikan target pada peningkatan pembangunan manusia sebagaisebuah prioritas utama, dan sektor kesehatan merupakan pilar utama di dalamnya.

Untuk itu,CHED ITB-AD Jakarta dan jejaring pengendalian tembakau ingin mendorong keyakinan pemerintah dan publik serta para pemangkukebijakan bahwa sangat penting perubahan kebijakan pada RPP Kesehatan terutama tentang pasal zat aditifmenjadi prioritas.

Dan akan memberikan fakta dan kondisi bahwa kebijakan kesehatan sangat penting untuk mendukung keberhasilan pencapaian pembangunan ekonomi, bukan malah sebaliknya, kataCHED ITB-AD Jakarta dan jejaring pengendalian tembakau, dalam keterangan resminya, Jumat (13/10).

Sebagai latar belakang, pada 15 Juni 2023, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan RencanaPembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, yang menekankan pentingnya tiga pilar utama:stabilitas bangsa yang terjamin, keberlanjutan dan kesinambungan, serta sumber daya manusia yangberkualitas. Dalam konteks ini, kesehatan menjadi fokus utama, mengingat tantangan yang dihadapiIndonesia, terutama dalam hal produktivitas dan masalah kesehatan masyarakat.

Baca juga :