Walhi Catat 7 Jenis Ancaman Bencana di Jatim

Konsesi tambang menggandakan angka kerawanan bencana di Jatim.
Selasa, 17 Sep 2019 17:10 WIB Author - Fathor Rasi

JAKARTA-Pesisir Selatan Jawa merupakan sisi terluar Pulau Jawa yang menghadap Samudera Hindia, terletak di ring of fire dan berhadapan langsung dengan megathrust busur Jawa.

Terkait hal itu, Wahana Linkungan Hidup (Walhi) mencatat dalam 1 dekade terakhir selain menghadapi resiko bencana geologis dalam bentuk gempa dan erupsi gunung berapi, pesisir selatan jawa juga menanggung resiko bencana hidrometeorologis seperti bencana banjir, longsor dan gelombang pasang.

Walhi mengidentifikasi sekitar 30 titik proyek atau investasi dan kebijakan pemerintah di sepanjang pesisir Selatan Jawa berpotensi meningkatkan risiko bencana.

Ke 30 titik ini berupa tambang pasir besi, tambang emas, proyek infrastruktur bandara dan transportasi darat serta Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), kata Edo Rakhman, Koordinator Kampanye WALHI melalui keterangan persnya, Selasa (17/09).

Khusus di Jawa Timur, Walhi mengungkapkan pemberian konsesi tambang di kawasan pesisir selatan Jawa Timur meningkatkan kerawanan bencana secara signifikan.

Baca juga :