Soekarwo Pantau Misa Natal: Tak Ada Diktator Mayoritas!

Pakde Karwo semakin yakin toleransi di Indonesia masih sangat bagus.
Senin, 24 Des 2018 20:55 WIB Author - Fathor Rasi

Surabaya-Gubernur Jatim Soekarwo memantau pelaksanaan Misa Natal di Gereja Bethany Jalan Nginden, Gereja Kristus Raja Jalan Residen Sudirman dan Gereja Katedral Hati Kudus di Jalan Polisi Istimewa, Surabaya.

Pemantauan Misa Natal, kata gubernur, dilakukan sebagai sarana silaturahmi untuk mewujudkan Indonesia yang sebenarnya dimana tak ada batasan antara mayoritas dan minoritas.

Pertama bukan masalah kondisi, inilah keindonesiaan kita, inilah sistem yang dibangun oleh para `founding` father kita, sistem keindonesiaan kita. Sistem yang antara mayoritas dan minoritas saling menghargai. Tidak ada diktator tirani minoritas, tidak ada diktator mayoritas tapi saling menghargai, kata pria yang disapa Pakde itu di Surabaya, Senin (24/12) malam.

Ditemani dengan perwakilan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Pakde Karwo mengatakan dirinya semakin yakin jika toleransi di Indonesia masih sangat bagus.

Saya kira ini luar biasa bayangkan tadi begitu kita hadir begitu dia memberikan apresiasi. Saya kira ini Alhamdulillah kan dari Muhammadiyah dan NU yang merepresentasikan agama selain Kristian yaitu Islam telah hadir di sini, ujar gubernur yang telah menjabat selama dua periode ini.

Baca juga :