RSUD Dr Soetomo Tangani Kembar Siam Asal kendari

Dr Soetomo Surabaya menangani bayi perempuan kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus) asal Kendari, Sulawesi Tenggara.
Sabtu, 03 Agst 2019 13:07 WIB Author - Rina Suci

SURABAYA - Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya menangani bayi perempuan kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus), bernama Aqila dan Nazila asal Kendari, Sulawesi Tenggara.

Direktur Utama RSUD Dr Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi di Surabaya, Jumat (3/8), mengatakan tim penanganan kembar siam RSUD Dr Soetomo yang dipimpin dr. Agus Harianto, mulai melakukan pemeriksaan dari pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan radiologi kepada bayi perempuan anak dari pasangan Yayasri dan Silvina Dewi.

Setelah semua pemeriksaan selesai, tim baru akan menentukan kapan operasi pemisahan kepada bayi berusia 16 bulan, dan merupakan bayi kembar siam ke-99 yang telah ditangani.

Nanti total ada 70 dokter yang akan menangani. Tapi penanggung jawabnya dari ketua tim Soetomo. Operasi pemisahan akan dilakukan sesegera mungkin. Begitu siap laboratorium, radiologi siap, segera, kata Joni.

Ketua tim penanganan bayi kembar siam RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr. Agus Harianto menjelaskan, kondisi yang dialami bayi Aqila dan Nazila sangat kompleks, dikarenakan dempetnya dari atas sampai bawah.

Baca juga :