Ribuan Akun Terlacak Sebar Hoaks Pilpres, Polisi Bertindak

Tim Cyber Polda Jatim sudah memblokir 32 akun medsos penyebar kabar bohong.
Kamis, 03 Jan 2019 15:35 WIB Author - Fathor Rasi

Surabaya - Tim Siber Polda Jatim berhasil melacak ribuan akun penyebar kabar bohong atau hoaks terkait penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Polda Jatim mengambil tindakan tegas dengan men-takedown (blokir) ribuan akun media sosial tersebut.

Rekapitulasinya sudah ribuan yang kita take down (akun Medsos penyebar kabar bohong Pilpres). Macam-macam, ada facebook, instagram, ada twitter, kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (03/01/2019).

Dia mengatakan khusus Kamis hari ini, Tim Cyber Polda Jatim sudah memblokir 32 akun medsos penyebar kabar bohong terkait Pilpres 2019 agar tidak terjadi kegaduhan yang ditimbulkan akun-akun itu.

Polda Jatim tidak akan membiarkan apapun berita hoaks menyangkut tentang Pilpres ini. Kita sudah men-take down akun sekitar 32 hari ini, ujar Barung.

Salah satu berita bohong yang disebar akun-akun medsos tersebut adalah terkait adanya puluhan juta warga Tiongkok yang menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilpres 2019.

Baca juga :