Pemprov Jatim Siapkan Tiga Laboratorium PCR COVID-19 di Malang Raya

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan kurang lebih 91 ribu reagen untuk seluruh provinsi itu.
Rabu, 13 Mei 2020 23:13 WIB Author - Yansen Milala

MALANG-Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan tiga laboratorium di wilayah Malang Raya untuk melakukan tes dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) guna mendeteksi material genetik virus corona jenis baru (COVID-19).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Kota Malang, Rabu (13/05), mengatakan tiga laboratorium yang disiapkan tersebut di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang, Rumah Sakit Universitas Brawijaya, dan Rumah Sakit Lavalette Malang.

Mesin PSCR tes ada tiga di Malang Raya. Mudah-mudahan di Lavalette bisa berjalan, RSUD Saiful Anwar, dan RS UB bisa optimalisasi, katanya.

Ia mengatakan ketersediaan reagen untuk melakukan tes PCR tersebut dinyatakan mencukupi. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan kurang lebih 91 ribu reagen untuk seluruh provinsi itu.

Dia mengharapkan dengan adanya tiga laboratorium tes PCR di Malang Raya tersebut, selanjutnya bisa melakukan tes secara cepat, pelacakan pasien lebih cepat, dan penanganan lebih cepat.

Baca juga :