Pemkab Blitar Arahkan Petani Tanam Pisang Cavendish

Pasar luar negeri untuk komoditas pisang ini cukup besar,
Selasa, 21 Jan 2020 19:43 WIB Author - Yansen Milala

BLITAR-Bupati Blitar, Rijanto mendorong petani di kabupaten Blitar untuk budi daya Pisang Cavendish, mengingat potensi penjualan buah itu cukup besar terlebih lagi untuk ekspor.

Jadi ini memang program pengembangan Pisang Cavendish sudah lama. Ada pengembangan kemitraan dengan petani termasuk di beberapa kecamatan, salah satunya di Kecamatan Selopuro, ujarnya di Blitar, Selasa (21/01).

Hal tersebut disampaikan oleh Rijanto saat kegiatan pengefektifan izin hortikultura dan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama pengembangan lahan budi daya hortikultura di Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

Rijanto menuturkan, Kecamatan Selopuro dijadikan sebagai salah satu lokasi demplot, dengan luas lahan hingga 4 hektare. Nantinya, petani di beberapa kecamatan lain juga akan menyusul untuk menanam jenis pisang ini.

Beberapa daerah itu misalnya Kecamatan Gandusari, Doko, Selopuro, dan Kesamben dengan potensi pengembangan lahan sekitar 80 hektare. Ke depan, diharapkan bisa lebih besar lagi hingga 140 hektare.

Baca juga :