Duh, Masih Banyak Perusahaan di Sidoarjo Belum Daftar BPJS

Kerja sama dengan serikat pekerja cukup efektif untuk menjaring perusahaan agar mendaftarkan karyawan dan perusahaan.
Rabu, 17 Okt 2018 14:11 WIB Author - Fathor Rasi

Sidoarjo - Perusahaan baru yang mendaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Sidoarjo berjumlah 840 perusahaan baru, namun jumlah itu masih jauh dari target yang ditetapkan, yakni 1.352 perusahaan baru.

Sebab itu, BPJS kantor cabang Sidoarjo membidik kepesertaan melalui sosialisasi kepada serikat pekerja Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP KEP SPSI).

Melalui kerja sama ini serikat pekerja membantu BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan sosialisasi dan edukasi pada perusahaan yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) kantor cabang Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma, Jumat (10/10) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurutnya, kerja sama dengan serikat pekerja cukup efektif untuk menjaring perusahaan agar mendaftarkan perusahaan dan karyawannya dalam program perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.

Pada tahun 2016 hingga 2018 tercatat jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo mencapai Rp659.402.845.855 yang sudah terbayarkan, terangnya.

Baca juga :