Mengerikan, Dampak Buruk Polusi Udara pada Anak

Paparan polusi udara bisa memicu gangguan kejiwaan pada anak-anak.
Senin, 30 Sep 2019 19:40 WIB Author - Fathor Rasi

JAKARTA-Penelitian terbaru dalam jurnal Environmental Health Perspectives mengungkapbahwa paparan polusi udara bisa memicu gangguan kejiwaan pada anak-anak.

Dampak mengkhawatirkan lainnya berdasarkan penelitian itu adalah paparan jangka pendek bisa berkontribusi pada kecemasan mereka, bahkan meningkatkan risiko bunuh diri.

Studi itu adalah yang pertama menunjukkan hubungan antara tingkat polusi udara harian di luar ruangan dan peningkatan gejala gangguan kejiwaan, seperti kecemasan dan bunuh diri, pada anak-anak, kata Cole Brokamp, ​​penulis utama studi dan peneliti di Cincinnati Childrens Hospital Medical Center, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Medical Daily, Kamis (26/09).

Penelitian itu juga mengungkap bahwa anak-anak mulai mengalami perubahan dalam kesehatan mental mereka satu atau dua hari setelah terpapar udara yang tercemar.

Temuan itu juga didukung dua penelitian terbaru lainnya yang mengeksplorasi efek polusi udara pada anak-anak sebagaimana diterbitkan dalam jurnal Environmental Research.

Baca juga :