Maidi Ajak Warga Madiun Kurangi Konsumsi Beras

Beras atau nasi dapat diganti dengan mengonsumsi jagung.
Rabu, 14 Agst 2019 19:10 WIB Author - Fathor Rasi

MADIUN-Warga Kota Madiun, Jawa Timur, diajak untuk mengurangi konsumsi beras dan menggantinya dengan makanan karbohidrat lainnya guna mewujudkan diversifikasi pangan dan kesehatan keluarga.

Umpamanya tidak ada beras, tidak ada terigu, dan sebagainya, ternyata sumber daya alam yang tersedia lainnya untuk kita konsumsi, masih banyak. Dan itu tidak kalah gizinya dan malah lebih sehat, ujar Wali Kota Madiun Maidi saat kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) tingkat Kota Madiun di Wisma Haji, Madiun, Rabu (14/08).

Menurut dia, beras atau nasi dapat diganti dengan mengonsumsi jagung, ketela, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan sereal. Sumber pangan tersebut dapat diolah menjadi aneka menu makanan yang sehat dan bergizi tinggi.

Mewujudkan hal itu, Pemkot Madiun melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Para pemenang lomba ini akan saya inventaris untuk mendapatkan stan di Sunday Market Kota Madiun di kawasan Taman Lalu Lintas Bantaran setiap minggu agar berjualan makanan nonberas seperti saat ikut lomba. Hal itu sekaligus mengenalkan aneka olahan nonberas yang sehat, ujarnya.

Baca juga :