'Cantiknya' Kendaraan Tradisional Hias di Waton Parade 2019

Puluhan kendaraan tradisional ditarik oleh sapi, atau sering disebut dengan pegon 'bertanding' dalam "Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019".
Minggu, 23 Jun 2019 22:30 WIB Author - Rina Suci

JEMBER - Lebih dari50 kendaraan tradisional melintas ditarik oleh sapi, atau sering disebut dengan pegon, pada Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019. Parade ini diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata Pantai Watu Ulo dan sekitarnya di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pemerintah Kabupaten Jember bersama warga menggelar Waton Parade 2019, yang diikuti sebanyak 58 pegon yang dihias cantik dan unik di Pantai Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Minggu (23/6).

Kami berharap kegiatan Watu Ulo Pegon Parade 2019 dapat mendongkrak sektor pariwisata di Jember, dan menjadi agenda pariwisata, karena Pantai Watu Ulo merupakan ikon destinasi wisata Jember, kata Bupati Jember Faida saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember Anas Maruf mengatakan, festival pegon setiap tahun digelar oleh masyarakat di pesisir selatan Jember di Pantai Watu Ulo. Parade ini biasanya dilaksanakan saat hari ke tujuh di bulan Syawal atau hari raya ketupat, namun kali ini dilaksanakan pada 23 Juni 2019.

Kegiatan Waton Parade baru digelar tahun ini, namun tradisi festival pegon sebenarnya menjadi tradisi warga di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu yang digelar pada hari raya ketupat, sehingga kami sangat mendukung kegiatan itu untuk mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi warga pesisir selatan, kata Anas.

Baca juga :