Soroti Penegakan Perda, DPRD Kabupaten Pati: Butuh Dukungan Masyarakat

Soroti Penegakan Perda, DPRD Kabupaten Pati: Butuh Dukungan Masyarakat Ilustrasi. Foto Pixabay.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Bambang Susilo menyoroti penegakan peraturan daerah (perda) di Kabupaten Pati. Bambang menilai penegakan perda di Kabupaten Pati belum bisa berjalan optimal.

Menurutnya, penegakan perda sejatinya adalah tugas pokok Satpol PP, selain menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Namun, dia mengatakan peran serta dan dukungan masyarakat juga penting agar penegakan perda dapat berjalan.

“Penegakan perda memang tugas pokok Satpol PP, namun perlu juga dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Sebab penegakan perda juga kerap mengundang potensi konflik di masyarakat juga,” kata Bambang, di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Jumat (7/10).

Politikus PKB tersebut memberikan contoh penegakan perda yang sukses saat menutup kawasan lokalisasi Lorok Indah beberapa waktu yang lalu.

Saat itu penegakan perda tentang rencana tata ruang wilayah itu berhasil dilakukan karena mendapat dukungan dari segenap lapisan masyarakat Kabupaten Pati.

“Saya sangat mengapresiasi penegakan perda saat itu, yang bisa menutup lokalisasi terbesar. Karena itu kedepan penting juga partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah untuk menegakkan hukum dalam perda. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian,” jelasnya.