Polres Situbondo Pantau Ajakan Aksi 'People Power'

Polres Situbondo Pantau Ajakan Aksi 'People Power' Ilustrasi aksi people power.

SITUBONDO-Polres Situbondo, Jawa Timur, akan terus melakukan pemantauan ajakan aksi people power ke Jakarta 22 Mei 2019 mendatang guna menyikapi hasil Pemilu 2019.

"Bentuk antisipasi terkait dengan isu people power, kami melakukan deteksi dini dan memonitor dan memetakan kantong-kantong kelompok warga Situbondo yang akan berangkat ke Jakarta. Namun, sejauh ini dari laporan intelejen untuk sementara belum ada indikasi kelompok warga yang akan berangkat ke Jakarta melakukan kegiatan tersebut," kata Kapolres Situbondo AKBP, Awan Hariono di Situbondo, Sabtu (18/05).

Kapolres Awan mengimbau kepada masyarakat di Situbondo agar tetap menjaga kerukunan dan menjaga kondusifitas.

"Kami juga akan melakukan langkah-langkah prehentif, preventif dan tindakan represif apabila ada gerakan tersebut (pengerahan masa), dan tentunya kami kan melakukan pembinaan hingga melakukan tindakan," ujarnya.

Kapolres juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menghormati apapun keputusan KPU, karena langkah cerdas dan bijak sebagai warga negara harus menghormati keputusan KPU.

Sebelumnya, sejumlah tokoh agama di Kabupaten Situbondo menyerukan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersamaan serta suasana aman dan damai, seiring munculnya ajakan people power untuk menyikapi hasil pemilu.

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy mengimbau agar warga masyarakat tetap menciptakan suasana aman dan damai. (Ant)