Peran Megawati di Balik Kemajuan Banyuwangi

Peran Megawati di Balik Kemajuan Banyuwangi Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri/Foto: [email protected]

DENPASAR-Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri turut berperan dalam memacu pertumbuhan dan kemajuan  Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam diskusi bertajuk "Kepala Daerah Bongkar Rahasia PDIP Menang Dalam Pilkada" pada Kongres V PDIP, di Bali, Jumat (09/08).

"Jadi Ibu Mega tidak meminta apa-apa, beliau hanya menitipkan pesan kepada saya, tolong kemiskinan (di Banyuwangi) diatasi," katanya.

Atas pesan Megawati itu, dirinya kemudian bergerak membenahi Banyuwangi.

"Saya melihat ada dua sektor yang bisa dikembangkan di Banyuwangi, yaitu industri dan pariwisata. Kami akhirnya memilih pariwisata, karena dapat lebih cepat memberikan trickle down effect," kata dia.

Menurut Anas, sektor industri cenderung lambat memberikan efek ekonomi yang menetes ke bawah.

Anas selanjutnya menggenjot sektor pariwisata dengan penuh konsistensi dan ketegasan.

Kebijakan lain yang diambil Anas adalah melarang pendirian sejumlah bangunan yang dinilai tidak sejalan dengan program kebijakan pemerintah.

Misalnya, sambung Anas, melarang berdirinya hotel melati di Banyuwangi dan mendorong pertumbuhan homestay serta hotel menengah ke atas di sana.

Hotel yang berdiri diwajibkan memasukkan ornamen kebudayaan lokal, sebagai syarat memeroleh izin mendirikan bangunan.

Selain itu dia secara tegas melarang berdirinya pasar modern berupa minimarket di wilayahnya, sehingga ekonomi rakyat dapat tumbuh pesat.

Anas juga melarang adanya bangunan berdiri di sekitar bandara, agar sawah di sekitar bandara tidak tergusur. (Ant)