Marak Peredaran Rokok Ilegal, DPRD Pati Dukung Upaya Pemberantasan

Marak Peredaran Rokok Ilegal, DPRD Pati Dukung Upaya Pemberantasan Foto dokumentasi.

Peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa cukai semakin marak terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Maraknya rokok ilegal tersebut dapat berdampak buruk terhadap perkembangan rokok nasional karena terdapat ketidakadilan dan ketidakseimbangan persaingan.

Anggota DPRD Kabupaten Pati, Sutikno mengapresiasi upaya pemerintah untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Dirinya pun mengaku siap membantu upaya pemerintah untuk melakukan operasi gempur rokok ilegal.

Menurut Sutikno, Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memberantas peredaran rokok ilegal adalah dengan sosialiasi ke desa. Pasalnya, dia mengungkapkan masyarakat desa merupakan masyarakat yang paling banyak mengonsumsi rokok ilegal.

"Peningkatan sosialisasi ke masyarakat karena perokok terbanyak itu masyarakat desa perlu digalakkan," kata Sutikno belum lama ini.

Lebih lanjut, Politisi Partai NasDem itu mengkhawatirkan kesehatan masyarakat yang mengonsumsi rokok ilegal. Hal itu dikarenakan kandungan nikotin yang tidak terkontrol dalam rokok ilegal bisa sangat berbahaya.

Akibat tingginya kebutuhan masyarakat desa terkait rokok, tak sedikit yang membeli rokok dengan harga murah dan beralih ke rokok ilegal.

"Perlu ditekankan ke masyarakat bahwa rokok illegal ini bahaya. Kadungan nikotinnya tidak terkontrol," tukasnya.