Marak Penyakit Gagal Ginjal Akut Anak, Anggota DPRD Pati Ingatkan Pemkab

Marak Penyakit Gagal Ginjal Akut Anak, Anggota DPRD Pati Ingatkan Pemkab Foto dokumentasi.

Penyakit gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak membuat heboh masyarakat Indonesia. Munculnya penyakit gagal ginjal akut tersebut membuat anggota DPRD Kabupaten Pati, Muntamah ikut buka suara.

Kendati belum ditemukan kasus di Pati, Muntamah mengimbau agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati memberikan pencegahan dan memberikan sosialisasi terkait penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Dia juga turut menyoroti peredaran obat-obatan berbentuk sirup yang disebut-sebut sebagai penyebab munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak. Menurutnya, Pemkab Pati dapat bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mencari penyebab penyakit tersebut secara valid.

Lebih lanjut, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta agar para pelaku usaha yang menjual makanan home industry untuk dapat menjaga kebersihan saat memproduksi makanan.

Anggota Komisi D yang juga mitra dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati itu mengaku siap mendukung anggaran untuk mencegah penyakit gagal ginjal akut di Pati. Dia menegaskan kepentingan masyarakat Pati merupakan hal yang utama.