Cuaca Ekstrem, DPRD Pati Minta Masyarakat Waspada Puting Beliung

Cuaca Ekstrem, DPRD Pati Minta Masyarakat Waspada Puting Beliung Foto dokumentasi.

Cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Salah satunya terjadi di waduk Gunungrowo, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong Kabupaten Patiyang dilanda bencana angin puting beliung, Jumat (4/11). Akibatnya, sebanyak 26 warung di lokasi tersebut mengalami kerusakan dan roboh.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, M Nur Sukarno buka suara terkait angin puting beliung yang melanda wilayah tersebut. Sukarno meminta masyarakat Pati untuk lebih waspada terhadap bencana alam, khususnya angin puting beliung.

Menurutnya, puting beliung seperti yang terjadi di Gunungrowo membuat masyarakat yang berjualan tidak bisa memasarkan kembali dagangannya. Hal itu dikarenakan kondisi bangunannya yang roboh dan rusak akibat puting beliung.

"Cuaca ekstrem saat ini perlu waspada karena sering terjadi hujan deras disertai angin kencang dan puting beliung," kata Sukarno, Sabtu (5/11).

Lebih lanjut, Sukarno menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Pati membantu membangun kembali warung-warung di waduk Gunungrowo yang roboh akibat bencana puting beliung. Dia berharap dengan adanya bantuan pemkab dapat membuat perekonomian pasca bencana menjadi bangkit.