Musik Membentuk Karakter Dasar Anak

Musik Membentuk Karakter Dasar Anak Tarian Tradisional (Pixabay)

Surabaya-Musik tradisional bukan saja memperkenalkan nada dan irama, namun ada nilai-nilai kearifan lokal yang bisa mebentuk karakter dasar seperti kehalusan, keceriaan serta kemantaban kalbu. 

"Mari anak-anak kita diedukasi dengan nilai-nilai kearifan lokal seni musik budaya lokal," ujar ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur, Sinarto, di Gedung Cak Durasim, Surabaya, Kamis (04/04).

Untuk itu, dia mengajak para orang tua agar tidak menjauhkan anak-anak dengan seni musik. 

Sebab, sambung dia, dengan musik anak-anak bisa dan mau mendengarkan nada irama hingga mampu mengubah cara berbicara maupun karakter lainnya.

“Sekarang banyak orang tidak bisa mendengarkan nada pembicaraannya sendiri, sehingga ia tidak tahu apakah menyakiti orang lain atau tidak. Irama telah membantu anak-nanak kita untuk menata kalimat yang tidak bisa dipahami sendiri,” ujar Sinarto.

Dia mengimbau para ortu agar anak-anak yang telah mempunyai keterampilan dan memiliki dasar musik tradisional terus dipupuk dan diajari hingga mahir.

Karena ke depan, kata dia, anak-anak akan memahami pesan di balik musik tersebut. “Itulah yang dinamakan kehebatan musik lokal yang harus dibanggakan,” tuturnya.

Selain anak, musik berbasis budaya lokal juga bisa membentuk karakter generasi milinial yang begitu dekat dengan teknologi kekinian.

Mereka, kata dia, perlu diarahkan untuk memilih mana yang harus dimiliki dan yang tidak agar tidak mengganggu karakter mereka.